PERSARI – Perkemahan Satu Hari

Pada pagi hari ini, Sabtu Tanggal 13 Desember 2022 terlihat wajah ceria siswa siswi SD Hang Tuah 10 yang sedang melakukan Kegiatan Persari (Perkemahan Satu Hari). Mereka terbagi ke dalam beberapa regu yang disebut dengan barung, siswa-siswi tampak asyik dengan aneka Kegiatan Persari (Perkemahan Satu Hari). Mulai dari baris-berbaris, cerdas cermat, halang rintang, hingga jalan keliling area komplek perumahan lanudal juanda. Seakan bukan sedang melakukan kegiatan Pramuka, siswa-siswi menikmati acara tersebut. Terlihat siswa-siswi memiliki wajah ceria saat ikut acara Persari ini. “Aku suka acara ini, aku bisa bermain outbound dan melatih kekompakkanku!”, sebuah kalimat yang diucapkan oleh beberapa peserta Persari.

Hal tersebut sekilas gambaran mengenai sebuah kegiatan perkemahan yang dilakukan di SD Hang Tuah 10 Juanda. Perkemahan Satu Hari atau yang sering disingkat Persari, sebuah kegiatan perkemahan yang dilakukan oleh Pramuka tingkat siaga. Pada Sekolah Dasar, tingkatan siaga merupakan tingkatan pada kelas kecil. Namun, kegiatan Persari kali ini dilakukan oleh siswa kelas 3 dan 4 dengan jumlah siswa sekitar 180 siswa. Kegiatan ini dapat mengendalikan egoisme, merasa memiliki teman, peduli, dan dapat mengekspresikan diri. Menarik dan menyenangkan, namun tetap memberi semangat nilai-nilai pramuka. “Pramuka, pramuka, pramuka, Praja Muda Karana” itulah sebuah yel-yel yang selalu disenandungkan di acara Persari ini.

Pembagian kelompok kecil (barung) juga dilakukan dengan tidak memuat banyak peserta di dalam satu barung, semisal 6-8 peserta. Berbeda dengan kelompok regu dalam Pramuka Penggalang yang bisa mencapai 10 peserta tiap regunya. Ada banyak pesan yang tersirat yang penting dalam kegiatan ini untuk pramuka siaga SD Hang Tuah 10 Juanda. Memahamkan kepada anak-anak, bahwa pramuka itu menyenangkan dan banyak hal yang dipetik untuk kehidupan sehari-hari.

Selamat Hari Pramuka, Salam Pramuka!

error: ©SD Hang Tuah 10 Content Protected